Trending Topic
5 CARA MUDAH MEMAHAMI PELAJARAN DENGAN CEPAT
24 Mei 2016 15:36 Creative/ Tips And Trick
img

Madingkita.com - style="text-align:justify">Belajar adalah suatu aktivitas untuk memperoleh sebuah atau banyak pengetahuan, baik itu dari membaca, melihat,bahkan mempraktekkannya sendiri. Metode belajar yang tepat dapat membuat seseorang lebih mudah memahami dan mengerti apa yang sedang dipelajari dan sebaliknya, jika metode belajar yang digunakan salah maka akan sangat sulit untuk memahami sebuah pelajaran atau pengetahuan.

Berikut kunci mudah belajar cepat dan mudah,silahkan dibaca dan dipahami yah teman teman.

1. Mengulangi kembali pelajaran yang dipelajari disekolah

Cara yang satu ini merupakan cara yang sederhana,kebanyakan anak remaja saat ini mungkin sudah memahami. Ini dimaksudkan agar memori yang baru saja tersimpan agar tidak tertutup oleh memori yang lain.

2. Merangkum hal hal yang penting

Cara sederhana selanjutnya adalah dengan membuat sebuah ringkasan dari masing-masing pelajaran. Karena kita membuat ringkasan, maka disini kamu cukup membaca kembali materi yang di dapat, dan menuliskan di satu buku khusus untuk belajar yang isinya catatan-catatan penting dari setiap materi pelajaran. Misalnya: Jika pelajaran Matematika, maka yang kamu rangkum adalah rumus-rumusnya, pelajaran IPA dirangkum istilah-istilah yang ada di pengetahuan alam, Bahasa Inggris dirangkum vocab/kata-kata sukar yang masih belum hafal

3. Belajar dipagi hari

Mungkin kebanyakan remaja sekarang  susah buat bangun pagi,padahal saat pagi adalah waktu yang tepat untuk belajar,ini dikarenakan otak kita sudah lebih produktif. Kondisi  ini membuat kita lebih memahami materi yang kita pelajari lebih cepat,karna suhu udara pagi yag kaya oksigen dan segar.

4. Fokus

Usahakan dalam belajar,kalian  fokuskan dalam satu mata pelajaran. Dimaksudkan agar  materi yang kita pelajari lebih mudah untuk dipahami,dan lebih maksimal .

5. Pahami Materinya

Banyak anak yang beranggapan bahwa belajar itu adalah menghafal, ini sungguh anggapan yang kurang tepat. Karena selain kita harus hafal, yang paling penting justru kita harus paham materinya. Mereka yang beranggapan seperti ini tidak sepenuhnya salah, karena model pendidikan yang ada di Indonesia memang telah membiasakan anak-anak untuk lebih banyak menghafal dari pada memahami. Peran orang tua disini perlu menjelaskan kepada anak-anak akan pentingnya dia harus mengerti bukan sekedar hafal, karena itu untuk kebaikan si anak di masa yang akan datang. Pemerintah juga perlu ikut andil bagian dalam hal ini, perlu ada perbaikan model pembelajaran yang dapat membuat siswa-siswi tidak sekedar hafal, namun juga paham.

Itulah beberapa cara untuk memahami pelajaran yang cepat dan mudah, mungkin beberapa cara diatas tidak bekerja sepenuhnya ke setiap individu anak,tergantung tipe anak itu sendiri.Terlepas dari itu semua jangan lupakan waktu kalian buat istirahat yang cukup,karna istirahat yang cukup akan mengistirahatkan kinerja otak kita dan akan lebih fresh buat aktivitas selanjutnya.