Trending Topic
AROMA KENTAL BETAWI DI JAKARTA FAIR KEMAYORAN
14 Jun 2016 06:48 Event/ Public Event
img

Madingkita.com - style="text-align:justify">Berkunjung ke Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2016 rasanya belum lengkap jika belum singgah ke Kampung Betawi yang terletak di halaman belakang hall D arena Jakarta Internasional Expo. Apalagi bagi para pengunjung yang datang dari luar daerah Jakarta, berkunjung kesini akan terasa mengensankan.

            Di area Kampung Betawi, para pengunjung bisa menikmati berbagai makanan tradisional khas Betawi. Mulai dari soto betawi, kerak telor, toge goreng betawi hingga es selendang mayang. Berbagai makanan ini bisa anda jadikan sebagai menu alternatif berbuka puasa bersama keluarga maupun para sahabat.

            Setiap harinya, diadakan juga pertunjukan kesenian budaya betawi. Panggung yang didesain menyerupai rumah-rumah betawi jaman dahulu yang khas dengan pintu dan jendela kayunya, menambah kentalnya nuansa budaya betawi. Ditambah juga dengan ornamen kembang kelapa yang identik dengan budaya betawi di sisi-sisinya. Disinilah akan dihelat berbagai pertunjukan seperti lenong betawi, topeng betawi, pertunjukan rebana hadrah, pertunjukan musik betawi dan masih banyak lagi.

            Pertunjukan kampung betawi juga akan dilaksanakan di arena panggung utama. Tepatnya pada tanggal 25 Juni dan 2 Juli, akan diadakan pertunjukan palang pintu khas betawi. Ritual yang biasanya dilakukan pada acara-acara nikahan yang identik dengan adegan adu silatnya sambil berbalas pantun akan dipertontonkan di panggung utama.

            Selain itu, tak ketinggalan ada juga berbagai souvernir bagi anda yang ingin membawa kenang-kenangan dari Kampung Betawi. Terdapat berbagai baju unik, salah satunya baju dengan gambar tokoh idola kenamaan betawi, Benyamin Sueb. Sampai-sampai ada juga yang menjual ikat pinggang yang begitu khas dengan warna hijaunya.

            Bagi para pengunjung yang ingin melaksanakan sholat tarawih, di arena Kampung Betawi diadakan juga sholat tarawih berjamaah. Dengan begitu, para pengujung tidak akan ketinggalan untuk beribadah disela-sela kunjungannya ke Jakarta Fair Kemayoran.

Seperti diketahui Jakarta Fair Kemayoran 2016 dibuka mulai 10 Juni dan akan berlangsung 38 hari hingga 17 Juli depan, menyuguhkan pameran perdagangan dan beraneka hiburan maupun sarana permainan untuk keluarga. Jakarta Fair tetap dibuka saat hari-H lebaran dan akan menjadi destinasi libur lebaran yang seru bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Setiap hari Jakarta Fair dibuka mulai 15.30 WIB dengan tiket masuk Rp 25 ribu pada hari biasa, dan dibuka mulai 10.00 WIB dengan tiket masuk Rp 30 ribu pada akhir pekan maupun hari libur nasional. Setiap hari Senin ada diskon tiket masuk hanya Rp 20 ribu saja.

Berbagai hiburan seru disiapkan oleh penyelenggara, seperti konser musik spektakuler selama 38 hari menampilkan band dan penyanyi kelas-A Indonesia. Juga ada kontes ratu kecantikan Miss Jakarta Fair, kontes cosplay, karnaval budaya, dan lain-lain. Adapun arena permainan dintaranya terdapat ice skating, rumah hantu Penjara Setan, taman lampion The Garden of Lights, arena permainan outdor Wild West, berbagai arena permainan anak, dan lain-lain. (jiexpo)