Trending Topic
DAMPAK NEGATIF BELAJAR SISTEM KEBUT SEMALAM
23 Jun 2016 06:44 Creative/ Tips And Trick
img

Madingkita.com - Kita mungkin masih sangat familiar dengan istilah Sistem Kebut Semalam ini atau yang biasa disingkat SKS. SKS ini seringkali dijadikan alternatif utama oleh siswa atau mahasiswa ketika akan menghadapi ujian, baik ujian tengah semester maupun ujian akhir semester, atau cemilan-cemilan tugas lainnya. Biasanya sistem ini dipakai oleh siswa atau mahasiswa yang kurang memiliki minat belajar yang rutin dan biasanya belajarnya hanya ketika ujian.
Meskipun sistem ini boleh dibilang pro-kontra dikalangan pelajar sendiri, yang pro atau setuju menilai bahwa SKS adalah salah satu cara untuk belajar dengan semangat atau menggebu-gebu, cara untuk menilai kemampuan otak, cara efektif untuk mendapatkan nilai yang bagus, termasuk dengan cara SKS otak kita masih fress dari hafalan. Sedang yang kontra menilai SKS adalah salah satu cara kita membodohkan diri sendiri, tidak akan maksimal ketika ujian karena bisa jadi soal atau ingatan kita tentang materi ujiannya lupa alias blank, dan lain sebagainya.

Dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) misalnya, tidak kalah pentingnya try out yang juga sudah diadakan setiap tahun itu. Meski dulu penulis juga melakukan SKS, tapi penulis merasa menyesal karena sudah menyia-nyiakan waktu begitu saja. Apalagi ketika hasil UN, ada hasil mata pelajaran yang nilainya sangat buruk. hmm.

Sebagaimana studi-studi yang sudah dilakukan oleh para peneliti, bahwa sistem ini tidak efektif karena siswa bisa jadi kekurangan tidur (baca: Insomnia) sehingga ketika ujian dilaksanakan konsentrasi mereka menurun drastis akibatnya mereka mengarang indah (alias ngawur atau asal-asalan) ketika mengisi jawaban soal UN.

Ada beberapa alasan kenapa SKS tidak baik bagi perkembangan otak :

– Tidak semua orang jenius
– Otak butuh istirahat untuk belajar
– Otak butuh ketenangan untuk menangkap / memahami pejalaran
– Belajar butuh latihan

SKS bisa jadi penyebab buruknya kualitas output pelajar, karena tidak bisa mengatur emosional mereka, mereka hanya ingin jalan pintas, dan ini akan merusak generasi bangsa. Jadi, kesadaran pada diri sendiri setidaknya harus mulai kita bangun.

Atau belajarlah dengan SKS jauh-jauh hari sebelum ujian agar dapat hasil bagus. Tapi jangan sampai kurang tidur .

Semoga memberikan manfaat (moottaqin.blogspot.com)