Trending Topic
IZZAN USIA BARU 13 TAHUN TAPI SUDAH IKUT SBMPTN
01 Jun 2016 16:01 Public News/ Public News
img

Madingkita.com - Usia Musa Izzanardi Wijanarko sebenarnya barulah 13 tahun, namun anak lelaki ini bisa mengikuti ujian SBMPTN  di kelompok ujian sains dan teknologi yang diselenggarakan Kota Kembang Bandung. Cita-cita Izzan adalah ingin terlibat dalam pembuatan reaktor nuklir untuk menghasilkan listrik secara aman.

 

Anak kedua dari tiga bersaudara kelahiran Bandung, 24 Oktober 2002, tersebut memilih Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung sebagai pilihan pertama. 

Sedangkan ilihan keduanya adalah program studi matematika dan pilihan ketiga adalah program studi fisika. Keduanya di Universitas Indonesia.

 

Kelulusan sekolahnya melalui uji persamaan di Bandung dan Tangerang. Izzan mulai belajar di usia 6 tahun, setahun kemudian kemampuan berhitung matematikanya setara dengan siswa SMA.
Karena pemahaman pelajarannya melesat, pada usia 8 tahun, Izzan sudah ingin ikut ujian SBMPTN 2010. Sebelumnya, pada 2009, berdasarkan hasil konsultasi dengan beberapa psikolog perkembangan anak, Izzan berpotensi sebagai anak jenius. 

 

Karena keterbatasan fisik, Izzan tidak bisa bersekolah layaknya anak-anak lainnya. Kedua orangtuanya, Mursid Wijanarko (45) dan Yanti Herawati (45), mengakui kalau putranya  sejak kecil tidak bisa menggerakkan tangannya. Izzan belajar secara home schooling sejak tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas karena tergolong anak berkebutuhan khusus. 

Izzan diakui memiliki kelebihan di bidang ilmu pengetahuan, daya serapnya tinggi, keingintahuannya juga tinggi. Namun di sisi lain fungsi motoriknya kurang maksimal meski anaknya sangat aktif. Karena itulah putranya ini diberi pelajaran dengan belajar atau sekolah di rumah (homeschooling).

Izzan sangat optimis bisa lulus dalam ujian SBMPTN  tahun ini. Namun jika tidak lulus,, baginya sangat bangga karena  bisa bersaing dengan kakak-kakak kelasnya di tes SBMPTN ini. (red).