Trending Topic
NOKIA TANTANG INOVATOR MUDA DI OPEN INNOVATION CHALLENGE 2016
12 Jun 2016 06:26 Techno/ Tech News
img

Madingkita.com - Nokia meluncurkan Open Innovation Challenge untuk ke-empat kalinya, dan pada penyelenggaraan kali ini fokusnya adalah Internet of Things (IoT) di bidang keselamatan publik, internet otomotif, industri 4.0, kesehatan digital, utilitas, sekuriti dan smart city. Kompetisi ini diselenggarakan berkat kemitraan dengan perusahaan patungan swasta Nokia Growth Partners, yang pada tahun ini telah mengumumkan dana investasi sebesar USD350 juta untuk perusahaan-perusahaan IoT.

Pada masa mendatang, IoT akan membawa cara-cara baru untuk menyederhanakan kehidupan umat manusia. Seperti membuat industri lebih efisien dan menciptakan sejumlah peluang bisnis baru bagi para operator dan perusahaan. Bell Labs Consulting baru-baru ini memperkirakan bahwa jumlah dari perangkat internet IoT akan mencapai 46 miliar di tahun 2020. Seluruh perangkat internet ini akan mendorong berbagai penggunaan IoT termasuk smart city yang akan menjadi lebih berkesinambungan. Aplikasi-aplikasi keselamatan publik dan layanan kesehatan akan lebih smart sehingga akan menyelamatkan lebih banyak jiwa manusia.

Selama kompetisi, para peserta akan dinilai oleh Nokia dan para ahli industri atas inovasi mereka, dampak serta potensi bisnis. Para pemenang akan dapat bergabung dalam Innovation Accelerator Program Nokia untuk menginkubasi ide-ide mereka di Nokia, mendapat akses ke pasar global dan jaringan Nokia bersama para investor. Selain itu, tiga tim teratas akan menerima hadiah uang yang jumlahnya mencapai 100.000 Euro.

Pendaftaran dimulai 6 Juni dan 15 Agustus; setelah itu mereka akan dinilai dan lima belas tim teratas akan diundang untuk menghadiri workshop pengembangan konsep selama dua hari bersama para ahli-ahli Nokia di Paris Oktober mendatang. Babak Final dan upacara penyerahan penghargaan akan dilaksanakan setelah workshop.

Open Innovation Challenge Nokia ini terbuka untuk seluruh innovator, start-up, organisasi, akademisi dan individu di seluruh dunia yang sedang mengembangkan teknologi masa depan untuk meningkatkan kehidupan serta dapat menunjukkan prototipe dari ide-ide mereka.

 “Digitalisasi adalah revolusi industri berikutnya, dan otomatisasi dari segala sesuatu akan mendorong fase berikut dari berbagai peluang menusia,” ujar Marc Rouanne, Chief Innovation and Operating Officer Nokia.

“Open Innovation Challenge 2016 Nokia mencari ide-ide besar berikutnya untuk menghubungkan manusia dan objek. Bagi para innovator dan start-up, in adalah sebuah peluang besar memanfaatkan kehadiran global Nokia dan bertemu dengan perusahaan-perusahaan ventura untuk mengetahui bagaimana kita dapat bekerja bersama untuk membangun teknologi masa depan yang dapat menyelamatkan jiwa manusia, meningkatkan lingkungan kita serta membuat hidup kita lebih baik,” lanjutnya.

Bo Ilsoe, Managing Partner dari Nokia Growth Partners, mengatakan, selain dari hadiah utama, Open Innovation Challenge Nokia adalah sebuah gerbang unik bagi perusahaan-perusahaan IoT untuk mengakses potensi kemitraan, bertemu dengan para investor, mendapatkan advis mengenai ide-ide bisnis mereka serta bertemu dengan sesama wirausahawan. (nokia)